Kamis, 27 Agustus 2015

Paskibra Spensa Angkatan II

Membangun Disiplin Melalui Paskibra


Peringatan HUT RI menjadi momentum berbagai kalangan masyarakat untuk merayakannya. Berbagai kegiatan dilakukan demi mengingat moment bersejarah bangsa Indonesia. Sekilas, perayaan ini selalu didominasi oleh lomba-lomba yang menggembirakan, seperti lomba makan kerupuk, balap kelereng, tarik tambang, pucang, dan sebagainya. Tak terkecuali di sekolah-sekolah pun demikian. Termasuk di SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Di sekolah ini pun diselenggarakan beberapa lomba gembira, yakni, sepeda lambat, estafet menyusun minuman dalam kemasan, bola gelap, dan lomba bawa kelereng. Selain itu, ada hal lain yang dilakukan SMP Negeri 1 Cirebon dalam peringatan HUT RI ke-70. Upacara Pengibaran Bendera diiringi oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) dengan pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45. 
Dalam kegiatan ini sebenarnya tidak banyak target yang diharapkan. Dalam waktu berlatih cuma dua minggu, pasukan ini harus sudah siap dengan kekompakan, keserasian, dan ketepatan gerak dalam pengibaran bendera. 
Saat latihan

Latihan di dampingi pelatih dari PPL

Gladi kotor
Gladi kotor


Tidak mudah untuk memadukan kekompakan, keserasian dan ketepatan gerak dalam waktu singkat. Di sisi lain, sebagian besar anak yang terlibat juga baru kelas tujuh atau lulusan SD. Diperlukan kedisiplinan dan tekad yang kuat untuk tampil sebaik mungkin dari para anggota Paskibra Spensa.
Dengan penekanan disiplin yang kuat dan penguatan komitmen untuk tampil sebaik mungkin, para anggota Paskibra Spensa mau dan mampu berlatih secara tertib dan disiplin. Apapun hasilnya saat tampil, itulah upaya yang maksimal selama latihan.






Itulah sebagian potret pelaksanaan upacara yang diiringi oleh Paskibra Spensa Angkatan II. Hasilnya mungkin belum memuaskan, tetapi selalu ada rasa syukur dengan apa yang telah dicapai dan doa semoga tahun depan lebih baik lagi.
Pasukan 45 (Kelas 7)

Pasukan 45 (putri)

Pasukan 45 (Putra)

Pasukan 8 (Kelas 9)

Pasukan 17 (kelas 8)

Pelatih dan Pendamping Pelatih (Mahasiswa PPL)



Semoga manfaat dan inspiratif...



1 komentar: